BALI LARANTUKA

Perjalanan akan memakan waktu 7 hari dan akan menempuh jarak 2798 Km. menyeberangi pulau dan naik Ferry sebanyak 4 kali. Persiapan matang tentu diperlukan. Ketahanan fisik pasti, dompet apalagi. Nah bila anda minat maka persiapkan diri anda sebaiknya. THIS IS ONCE IN A LIFE TIME EXPERIENCES.

20-Dec-14 Jakarta – Bali
20-Dec-14 Bali Hotel Kuta
20-Dec-14 Towing bike

20-Dec-14 Start dari Pahala ke Pdang Bai
21-Dec-14 Lembar
22-Dec-14 Isi Bensin Full Kontak ASDP Sape untuk tanya jadwal Ferry Sape – Labuhan Bajo
22-Dec-14 Labuhan Bajo – Ruteng

Selain sebagai kota nelayan kecil, Labuan Bajo saat ini juga telah menjadi salah satu pusat pariwisata teramai di Flores. Kota ini adalah titik singgah bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo.

Meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo membuat pengelola mendirikan banyak fasilitas tambahan seperti hotel berbintang di Labuan Bajo sebagai upaya meningkatkan kenyamanan para wisatwan.

Yang sangat menarik dari Labuan Bajo adalah saat sunset mulai mengubah warna langit menjadi jingga. Di sini Anda akan ditawarkan pemandangan yang menakjubkan. Matahari yang mulai tenggelam menciptakan siluet dramatis pulau-pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan.

Selain menikmati panorama sunset yang menakjubkan. Inilah 8 hal yang harus Anda lakukan ketika berkunjung ke Labuan Bajo.

1. Mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang

Cunca Wulang adalah air terjun yang berlokasi sekitar 300 meter ke arah timur kota Labuan Bajo. Tedapat 3 air terjun di Cunca Wulang, namun untuk mencapai keindahan air terjun ini Anda harus melakukan trekking melalui hutan selama kurang lebih 30 menit. Anda tidak perlu khawatir karena trekking ini bukan kegiatan yang berat.

Setelah trekking selama 30 menit, Anda akan disuguhi pemandangan tebing-tebing tinggi yang serupa dengan tebing Green Canyon dan air sungai berwarna biru yang jernih. Untuk melihat lebih dekat keindahan air terjun, Anda harus terlebih dahulu berenang di sungai jernih ini.

Menyukai kegiatan ekstrim? Anda bisa mencoba untuk melompat dari tebing dengan ketinggian 3 sampai 10 meter seperti di film Breaking Dawn. Tidak perlu khawatir sakit, karena Anda tidak akan merasakan sakit sama sekali, yang ada malah Anda akan merasa lebih fresh dari biasanya.

Air terjun Cunca Wulang ini adalah salah satu spot wisata yang telah diakui dunia, bahkan lebih banyak wisatawan luar negeri yang datang ke sini dibandingkan wisatawan Indonesia.

2. Trekking Di Taman Nasional Loh Liang

Jika Anda ingin menikmati the real habitat dari hewan khas Indonesia, di sinilah lokasi yang tepat. Di Taman Nasional Loh Liang yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Labuan Bajo, Flores, Anda bisa melihat dari dekat bagaimana kehidupan Komodo sesungguhnya.

Untuk mencapai Taman Nasional Loh Liang anda akan melakukan perjalanan dengan boat selama 3 sampai 4 jam. Perjalanan yang panjang itu akan terbayar ketika anda tiba di Taman Nasional ini. Taman Nasional Loh Liang menawarkan pemandangan savana yang indah, tidak kalah dari Taman Nasional Baluran.

Di sini nantinya Anda akan dipandu oleh para ranger untuk trekking menyusuri savana ke beberapa lokasi yang banyak disinggahi oleh komodo. Di sini Anda bisa melihat komodo dengan jarak sangat dekat, antara 2 sampai 3 meter. Perjalanan ini cukup melelahkan sehingga Anda harus benar-benar menyiapkan stamina.

3. Menikmati sunset di Pulau Kalong

Berkunjung ke pulau ini, Anda akan disuguhi populasi kelelawar yang super besar. Waktu terbaik saat mengunjungi pulau ini adalah saat matahari mulai terbenam. Sambil merebahkan diri di atas kapal Anda bisa memandangi pemandangan kelelawar bertebangan di langit yang berwarna jingga.

4. Scuba Diving, Snorkeling, dan Berkeliling dengan kapal

Berkunjung ke Labuan Bajo jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk scuba diving dan snorkeling, karena di sini Anda akan menemui keragaman biota laut yang masih alami dan sayang untuk dilewatkan.

Di sini Anda akan menyelam bersama dua orang instruktur dalam 1 group agar Anda benar-benar puas menikmati keindahan bawah laut. Sebelum mulai menyelam, anda akan di-briefing terlebih dahulu mengenai lokasi-lokasi yang menarik untuk menyelam, topografi, dan rencana menyelam.

Selama menyelam nanti Anda bisa menemukan banyak makhluk laut yang menarik. Mulai dari ikan pari manta, hiu, tuna, ikan kerapu, napoleon wrasse, ikan pari tutul biru, belut, ular laut, gurita, cumi-cumi, nudibranch, kepiting orangutan, dihiasi kepiting, dan masih banyak lagi.

Beberapa pilihan pelatihan diving terbaik dan sudah tersertifikasi secara internasional antara lain Divine Diving, Flores Diving Centre, Komodo Dive Center, dan Blue Marlin Komodo. Jika Anda ingin diving di Labuan Bajo bisa menghubungi salah satu dari pelatihan tersebut.

Pelatihan diving tersebut selain menyediakan fasilitas untuk diving juga menyediakan paket berkeliling menggunakan kapal. Kegiatan ini layak Anda coba, dari atas kapal Anda bisa melihat jernihnya air laut serta terumbu karang yang tumbuh di dalamnya dengan mata telanjang.

5. Pulau Kanawa

Pulau Kawana terletak di Labuan Bajo. Pulau ini memliki pasir seputih susu dengan perpaduan air laut jernih bergradasi biru hingga hijau toska. Bagi Anda yang ingin bersantai, bisa menikmati keindahan pulau ini sambil memesan makanan yang ada di restoran.

Anda juga bisa mencoba hiking di bukit yang ada di pulau ini. Bagi Anda yang tidak ingin berdiam diri di pulau cobalah untuk melakukan snorkeling. Pulau Kanawa adalah habitat bagi terumbu karang dengan beragam warna dan ikan-ikan kecil yang hidup di dalamnya.
23-Dec-14 Hotel Agung II
23-Dec-14 Ruteng – Borong Aimere
23-Dec-14 Aimere Bajawa
23-Dec-14 Bajawa – Ende
23-Dec-14 Ende Detusoko
23-Dec-14 Maumere
23-Dec-14 Maumere – Larantuka 140 km

24-Dec-14 DESTINATION LARANTUKA

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Mengunjungi pulau Flores rasanya belum lengkap tanpa menyentuh kota Larantuka, ibukota dari Kabupaten Flores Timur. Sesuai dengan nama kabupatennya, kota ini memang terletak paling timur dari pulau Flores dimana kepala naga Flores berada.

Bagi pecinta lagu-lagu dari kelompok Boomerang pasti tidak asing dengan salah satu judul lagu “Larantuka” yang diciptakannya. Saya tidak tahu persis apakah lagu itu terinspirasi dari kedatangan salah satu personelnya ke kota ini.
Larantuka ini bentuk kotanya memanjang, hal ini dikarenakan kontur geografisnya yang kurang lazim untuk sebuah kota. Jadi Larantuka ini disisi barat laut adalah daratan yang langsung berdiri perbukitan dan gunung dan sisi tenggara langsung berhadapan dengan laut. Praktis geografis semacam ini membuat kota jadi berdiri memanjang.

Yang kutahu, tiap tahun kota Larantuka dibanjiri orang dari segala tempat terutama dari Nusa Tenggara Timur untuk merasakan perayaan Paskah. Ya, Larantuka memang menjadi pusat perayaan Paskah disini bahkan untuk perayaan misa Paskah bahkan ada wakil dari Vatikan yang hadir di kota ini.
Aku sendiri lebih suka menyebut kota ini sebagai Kota Seribu Kapel. Rasanya setiap kaki melangkah kita bisa menemui kapel. Jika kita berada di sekitaran taman kota yang memanjang sepanjang garis pantai, kita akan melihat beberapa altar di depan kapel-kapel itu.
Salah satu altar yang menarik perhatian saya adalah altar yang berdiri di depan kapel Tuan Ma dan Tuan Ana. Sebuah patung besar berwarna putih menghadap alter dengan tulisan Mater Dolorosa, atau bisa diartikan Bunda Dukacita. Patung itu menggambarkan Bunda Maria yang sedang meletakkan Yesus di pangkuannya dengan tatapan wajah sedih.
Di sana juga berjejer 12 bangunan memanjang yang tiap-tiap bergambar pahatan logam kuningan tentang kisah penyaliban Yesus.

Terus terang aku tidak terlalu mengerti semua cerita itu tapi setidaknya ada warna menarik yang aku tangkap dari tempat ini.
Rasanya patung bunda Maria sangat mudah ditemui di tempat ini. Bahkan aku pernah melihat yang sayangnya tidak sempat diambil gambarnya patung Bunda Maria yang berdiri megah di salah satu pulau di depan pelabuhan ferri Larantuka. Patung ini mengingatkan saya tentang salah satu foto Yesus di Brasil.
Aku juga tertarik melihat kebiasaan orang untuk meting (mencari ikan saat laut surut) yang umum dilakukan orang di Nusa Tenggara Timur. Di sini ada istilah meting doeng karena saat saat laut surut bisa sangat jauh sekali sehingga kita bisa mencari ikan sampai jauh ke tengah laut dengan kedalaman tak lebih tinggi dari dada orang dewasa.
Bahkan pulau Adonara yang memang jaraknya tak jauh dari Larantuka serasa bisa seberangi saat laut surut. Asyik sekali mengamati baik anak-anak atau orang dewasa yang mencari ikan saat laut surut seperti ini.
Beberapa waktu saat sedang duduk-duduk di pantai aku melihat beberapa anak perempuan yang sedang mendari ikan dipinggir pantai. Walaupun sering melihat orang meting doeng tapi rasanya jarang melihat anak perempuan meting doeng jadinya pemandangan itu rasanya istimewa sekali.

Umumnya daratan Flores Timur ini lautnya berpasir hitam, meskipun ada beberapa tampat yang memiliki pasir kuning atau putih namun tidaklah banyak dan hanya beberapa tempat saja.

Meskipun berpasir hitam, pantai-pantai di Flores Timur tetap menarik untuk dinikmati. Seperti tulisan sebelumnya yang pernah aku tulis tentang Pantai Hading di Kawaliwu yang memiliki keunikan adanya sumber air panas di tepi pantai, dan itu bukan hanya ada di Kawaliwu. Seorang teman yang asli Flores Timur bercerita bahwa sumber air panas di tepi pantai juga ada di kampungnya.
Seorang teman pernah menjanjikanku untuk mengunjungi kampungnya di Solor, salah satu pulau dari kabupaten Flores Timur. Katanya banyak tempat yang menarik di kampungnya yang tidak kalah dari daratan lain di Flores. Janji yang menarik bukan, artinya masih ada PR yang harus kukerjakan bila aku bisa mengujungi pulau Solor, apalagi kalau bukan berbagi cerita dengan kalian.
Tanah Flores masih terus menggoda hati untuk dieksplorasi, menikmati karya Tuhan. sumber awalnya

 

25-Dec-14 BACK TO RUTENG
25-Dec-14 RUTENG LABUHAN BAJO
26-Dec-14 Labuhan bao – Sape – Pototano
27-Dec-14 Arrived in UDI Tour & Transport Bali
29-Dec-14 kembali ke Jakarta

Perjalanan menuju larantuka akan menyeberang 4 pulau. Pertama adalah Padang Bai – Lembar, Kahyangan-PotoTano, Bima sape – Labuhan Bajo total jarak adalah kurang lebih 2700 km. Bila anda ingin ikut serta maka persiapkan mental anda sebaik mungkin. Pengiriman motor bisa melalui Pahala Kencana Express dari Jakarta

Rukan Gading Bukit Indah.
Jl.Raya Bukit Gading Rukan Gading Bukit Indah Bl C/1, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara 14240
Telp. (021) 4517375 – 45858223 – 4517377. Fax: (021) 4513704

Jl. Jatiasih No.289 Komsen, Bekasi. No.Telp : 021-84971376. Fax: 021-84998701

Jl Pos Utara I – 1, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10710 Telp.(021) 3441552. Fax: (021) 3441552

Jl. Raya Matraman 66, Pal Meriam, Matraman, Jakarta Timur 13140 Telp. (021) 8517979. Fax: (021) 8194708

Jl Raya Matraman 114, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur 13150 Telp.(021) 8564107. Fax: (021) 8564107

Sedangkan dari Bali

… Alamat: Jl.Gatot Subroto No.358. Denpasar,


Biaya kirim adalah sebesar 900.000 rupiah dan motor harus anda kirim 10 hari sebelum D Day mengingat Desember adalah akhir tahun yang sangat beresiko keterlambatan pengiriman motor.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s